Stonehenge

Sungguh, hanya ada satu kata untuk mengomentari bangunan prasejarah di sebuah dataran rendah Salisbury, inggris ini. Misterius! Siapa yang membangunnya? Untuk apa dibangun? Darimana asalnya? Dibuatnya pusing tujuh keliling, untuk mengungkapnya.

Tidak seperti bangunan prasejarah lain di dunia yang masih ada sampai kini, seperti Piramida, Borobudur, dan Taj Mahal, para ahli sejarah benar-benar dibuat bingung oleh bangunan ini. Piramid dibuat untuk menyimpan jasad Fir’aun, Borobudur dibuat sebagai monument dinasti Syailendra, dan Taj Mahal dibuat sebagai lambang cinta sejati Shah Jahan Raja India kepada istrinya, Mumtazi Mahal. Tetapi ini benar-benar membuat para ahli sejarah terperangah.

Betapa tidak! Batu-batu raksasa ini bagaikan kaki-kaki dinosaurus, begitu tegar bertumpu di atas bumi. Atau laksana tonggak-tonggak rumah raksasa menghujam tanah. Itulah Stonehenge! Seperti dibangun oleh seorang yang kurang kerjaan. Benarkah demikian?

Bertahun-tahun para ilmuan mencoba memecahkan misteri kelompok batu raksasa nan kusam ini. Berbagai teori dikemukakan. Ada yang mengatakan bahwa manusia prasejarahlah pembangunnya. Lalu untuk apa? Batu-batu tadi diduga sebagai penunjuk waktu dan penanggalan, menurut para ilmuwan batu-batu itu disusun sedemikian rupa, sehingga menunjuk kearah terbit tenggelamnya matahari dan bulan. Benarkah teroi ini? Jika benar, maka terbuktilah bahwa manusia prasejarah jauh lebih cerdas dari dugaan orang.(d.o)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: