Pengertian Pernapasan

Pernapasan atau respirasi adalah pertukaran gas antara mahkluk hidup (organism) dengan ligkungannya. Secara umum, pernapasan dapat diartikan sebagai proses menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar.

Pernapasan pada manusia mencangkup proses, yaitu pernapasan eksternal (pernapasan luar) dan pernapasa internal (pernapasan dalam). Pernapasan eksternal adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi antara udara dalam gelembung paru-paru dengan darah dalam kapiler. Pernapasan internal adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara darah dalam kapiler dengan sel-sel jaringan tubuh.

Dalam proses pernapasan, oksigen dibutuhkan untuk oksidasi (pembakaran) zat makanan. Zat makanan yang teroksidasi tersebut yaitu gula. Gula merupakan zat makanan yang mengandung energy. Jadi, pernapasan atau respirasi yang dilakukan organisme bertujuan untuk mengambil energy yang terkandung di dalam makanan.

Pemahaman pernapasan atau respirasi yang terjadi di dalam tubuh manusia yaitu sebagai berikut. Di dalam tubuh manusia oksgen yang kita hirupakan melewati sistem pernapasan sampai ke sel-sel jaringan tubuh. Di sel-sel jaringan tubuh, oksigen menuju ke mitokondria untuk melakukan pernapasan sel (respirasi sel). Untuk menghasilkan energy dari zat makanan (glukosa), zat makanan harus dipecah atau dibakar terlebih dahulu dengan bantuan oksigen. Pemecah zat makanan tersebut membutukan enzim sehingga proses respirasi seluler juga terjadi reaksi enzimatis. Jadi semua sel dalam tubuh manusia memerlukan oksigen, karena proses untuk menghasilkan energy terjadi dalam setiap sel. Akan tetapi, oksigen yang tersedia dalam tubuh hanya sedikit. Oleh karena itu, oksigen harus tetap tersedia baik di dalam tubuh maupun di lingkungan kita.

Jadi, hasil utama pernapasan adalah energy. Energy yang dihasilkan digunakan untuk aktivitas hidup, misalnya untuk pertumbuhan, mempertahankan suhu tubuh, pembelahan sel-sel tubuh, dan kontraksi otot.

Selain menghasilkan energy. Pernapasan juga menghasilkan zat sisa, yaitu karbon dioksida dan uap air. Karbon dioksida dan uap air akan dikeluarkan ke lingkungan.(d.0)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: